Artikel Permasalahan Lingkungan Dan Kesehatan

Artikel Permasalahan Lingkungan Dan Kesehatan
Gambar Aanak-Anak Melestarikan Bakau

LintasNesia : Artikel Permasalahan Lingkungan Dan Kesehatan.Selamat malam sahabt Lintas Nesia, kali ini ingin berbagi mengenai Artikel Yang berhubungan Dengan Permasalahan Lingkungan Dan Kesehatan Litosfer Dan Atmosfer. Mungkin kalian sudah banyak mempelajari mengenai Pengertian Atmosfer dan Litosfer mengenai Perubahan-Perubahan Kalor yang ada Di Bumi ini, Dan kali ini saya ingin berbagi kepada kalian untuk mengulas lagi permasalahan Linkungan sekitar anda yang perlu di perhatikan terkait dengan permasalhan lingkungan Atmosfer dan Litosfer.

A.Proses Terjadinya Litosfer Terhadap kesehatan Di Lingkungan sekitar Kita 

Bumi merupakan Sebuah Benda Dengan berbagai Macam kumpulan partikel yang bergabung menjadi satu, daloam perubahan bentuk bumi ada yang namanya tenaga Eksogen dan Endogen, dimana Dua Tenaga ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya, Jika tenaga Endogen Termasuk Dalam Vulkanisme, Seisme Dan Tektonisme, maka untuk Tenaga Eksogen masuk dalam Pelapukan, erosi dan abrasi. Akibat dari berbagai pencemaran yang di sebabkan adanya tenaga Tersebut, maka secara tidak langsung akan mengakibatkan hal seperti ini :
1.Pencemaran Daratan

Pencemaran Daratan merupakan pencemaran yang dilakukan langsung melalui pembuangan sampah dan Melalui Sisa-sisa limbah pabrik yang tidak lagiu di pergunakan, sehingga menyebabkan terjadinya penimbunan dan pencemaran, terlebih sampah yang menumpuk dan banyak menggangu, tak kala banyak menyebabkan terjadinya penyebaran penyakit melalui sampah yang dibuang sembarangan.
Dalam penecemaran daratan Jenis sampah dibedakan menjadi 2, yaitu :

Organik : Sampah yang dibuang dengan kadar alami, misalkan ibu rumah tangga yang membuang sayuran dan sisa makanan yang sudah basi. Sampai organik akan lebih mudah untuik terurai dengan bakteri pembusuk, sehingga tidak berbahaya, malah jika bisa memkbusuk akan menjadi Humus dan akhirnya bisa menjadi Pupuk untuk tanaman Lainnya.

Anorganik : Sampah anorganik adalah sampah plastik yang dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab di pinggir-pinggir jalan dan sekitarnya, dimana sampah ini susah untuk terurai, bahkan jika yang berbahan plastik bisa mencapai bertahun-tahun untuk memuai dan hancur sendiri. perlu adanya Daur Ulang untuk sampah berjenis anorganik ini. Dan untuk menghindari penumpukan sampah, ada solusinya denga di bakar dan Di Daur ulang.

2.Pencemaran Air

Pencemaran air juga tidak kalah pentingnya dengan pencemaran yang dilakukan di daratan, dimana limbah air bisa menyebabkan kerusakan habitat air laut dan sungai, terlebih kmerusak ekosistem Makhluk hidup diair, jika berjalan seperti ini terus bisa mengakibatkan terjadinya rantai makanan yang salah, dan menyebabkan ekosistem Dunia Bisa hilang.
Nah Untuk Pencemaran air laut atau Sungai ada beberapa Jenis pencemaran :
  • Limbah padat, Bisa Batu, Pasir, dan lain sebagainya.
  • Limbah Organik, misal sisa makanan.
  • Limbah Anorganik, Unsur-unsur seperti plastik, Logam, ALumunium.
  • Limbah Minyak, Sisa-sisa pembuangan pabrik dan Industri pertambangan Minyak.
  • Zat Kimia, Detergen, Sampo, Sabun Mandi, dan lain sebagainya.

B.Proses Yang Terjadi dengan Atmosfer Terkait dengan Permasalahan Lingkungan Kita

Proses-proses yang terjadi di lapisan atmosfer terjadi karena keterkaitan dengan adanya litosfer di bumi, dimana penyebab utamanya yaitu ulah manusia sendiri, Dampak yang sering nampak dan Timbul dari Lapisan Atmosfer yaitu terjadinya Pemanasan Global, Hujam asam, pencemaran udara dan lain sebagainya, bukan hanya lapisan Litosfer saja yang mempunyai beberapa Penyebab permasalahan Lingkungan , Lapisan atmosferpun Juga mempunyai penyebab yang tidak bagus pula :

1.Pencemaran Udara

Pencemaran Udara sepertinya sudah menjadi  hal biasa bagi kita manusia, karena kita yang membuatnya menjadi tidak normal lagi, pencemaran Udara ada 2 jenis yang harus anda ketahui, tentunya anda bisa membedakan mana yang alami dan mana Yan Non alami,
Pencemaran Udara alami : Pencemaran udara yang terjadi kerena Pemanasan Global dari Ladang dan terbakar sehingga menyebabkan kabut dimana-mana, dan letusan Gunung yang menyebabkan Teradinya Hujan abu, serta partikel-partikel yang mengandung banyak pennyakit. Terlebih pembusukan Sampah yang tidak terkendali.

Pencemaran Udara Buatan : Pencemaran udara Buatan terjadi karena ulah manusia sendiri, dimana ulah manusia menjadikan kapasitas udara bersih menjadi berkurang karena disebabkan terjadinya pencemaran udara melalui asap kendaraan dan Limbah pabrik yang mengeluarkan asap sisa-sisa pembakaran. serta Asap rokok yang mengandung Nikotin yang tidak baik untuk kesehatan kita.

2.Pemanasan Global

Pemanasan Global, biasa terjadi di daerha-daerah kering yang jarang ada pepohonan dan tanaman-tanaman sebagi tempat rindang, dimana biasanya terjadi di kota-kota besar, pemakaian Rumah kaca yang berlebihan dan Ac membuat lapisan Ozon semakin Tipis, dan sinar matahari tidak tertampung dengan maksimal, sehingga menyebabkan bumi panas luar biasa.

Terlebih pemakaian Gas CO2 yang berlebihan dan asap kendaraan yang menyebabkan udara di sekitar tidak menjadi segar dan hujan yang turun pun tidak ada, Gas-gas yang mengtuap dari permukaan bumi akibat Rumah kaca, AC dan Asap kendaraan akan memuai dan akhirnya temperatur bumi naik, sehingga menyebabkan manusia akan merasakan akibatnya jika terus mengulang hal yang demikian, perlu untuk mengatasi permasalahan Lingkungan dan Kesehatan manusia dari sekarang.

c.Permasalahan Lingkungan Dan Kesehatan 

Untuk permasalahan Lingkungan Darat :
  • Timbulnya Bau Tidak Sedap.
  • Pemandangan dan Tempat yang kotor serta Kumuh,
  • Timbulnya berbagi jenis penyakit.
  • Fungsi kesehatan dan mineral dari Tanah berkurang.
Untuk pencemaran Lingkungan Air :
  • Air banyak yang tercemar tidak bisa di pergunakan untuk irigasi dan keperluan Rumah tangga.
  • Timbulnya berbagai penyakit dari air.
Untuk Pencemaran Udara :
  • Banyak menimbulkan Badan menjadi Gatal dan panas.
  • Udara yang kotor bisa membuat sesak paru-paru dan gagal nafas.
  • Asap yang kotor bisa menyebabkan kanker dan kematian.

Ada beberapa Usaha yang bisa anda lakukan Untuk kebersihan Lingkungan anda :

  1. Hindari Membuang Sampah Di Sembarang Tempat.
  2. Khusu untuk sampah non organik dapat di musnahkan dengan dibakar.
  3. Hindari pemakaian Rumah Kaca
  4. Hindari penggunaan AC
  5. Hindari penggunaan Kendaraan berasap.
  6. Merokok juga menyebabkan Kerusakan Udara.
  7. Pemanfaatkan energi alam seperti Batubara untuk sumber Daya listrik.
  8. Pemanfaatkan BioTeknologi buatan.  
Nah, itulah artikel dari saya, semoga bermanfaat sob,,,(Dion angelus)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Artikel Permasalahan Lingkungan Dan Kesehatan"

Posting Komentar